Kamis, 21 Maret 2013

KOMITMEN DIRI pada FAKULTAS PSIKOLOGI USU



Membahas tentang komitmen, mungkin banyak orang yang belum mengerti apa itu KOMITMEN. Komitmen adalah suatu janji pada diri kita sendiri ataupun oranglain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen juga bisa diartikan sebagai suatu kekuatan untuk mengikat seseorang pada suatu tindakan yang memiliki relevansi dengan satu atau lebih sasaran. Mungkin kita sering mendengar kata komitmen tetapi begitu banyak orang yang sulit dan bahkan gagal dalam berkomitmen. Komitmen bukan sebuah permainan yang dengan mudahnya dapat diciptakan lalu kemudian dibiarkan begitu saja.


Ada 2 faktor mengapa seseorang gagal atau tidak dapat bertahan dalam komitmen, yaitu :
1.      Internal (diri sendiri) :
o    Ceroboh saat akan mengambil keputusan, sehingga menyesal dikemudian hari.
o    Kurang berpikir panjang sewaktu menganalisa resiko-resiko yang akan dihadapi apabila ia mengambil keputusan.
o    Keyakinan goyah disebabkan karena seseorang tidak kuat mentalnya.
2.      Eksternal (di luar diri sendiri) :
o    Lingkungan.
Seringkali karena pengaruh lingkungan, seseorang gagal dalam mempertahankan komitmennya. Didalamnya termasuk peran keluarga, pasangan, atau sahabat/teman.
o    Gaya hidup yang tidak benar.
Perkembangan zaman, selain membawa dampak positif, juga terkadang membawa dampak negatif bagi seseorang.
o    Pengaruh uang.
Tidak bisa dipungkiri, uang memiliki power yang besar dalam hidup ini. Komitmen seseorang bisa goyah karena uang.
o    Tidak tahan pada pasang surut kehidupan.
Beberapa orang dapat terpengaruh akibat kehidupan yang dijalaninya, sehingga ia menyerah pada kehidupan.


Nah, sehubungan dengan ini, saya punya suatu kesalahan kepada fakultas saya. Saya menyesal karena pada saat kegiatan jalan santai dalam rangka Dies Natalis USU ke-60, yang dilaksanakan sekitar 5 bulan yang lalu, saya tidak hadir. Tentunya saya memiliki alasan mengapa saya tidak bisa hadir pada kegiatan tersebut dan alasan saya telah diketahui  oleh Pembantu Dekan III, Ibu Filia Dina Anggaraeni. Saya menyesal karena sudah mengecewakan fakultas saya. Karena perbuatan saya ini, banyak hal yang saya lewatkan, mulai dari pengalaman dan juga kebersamaan bersama keluarga psikologi. Saya meminta maaf atas kesalahan yang saya perbuat. 

Sebagai seorang mahasiswa yang telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan pada 10 dan 12 maret, saya diajarkan untuk menjadi seorang pribadi yang mandiri, bertanggungjawab dan tentunya memiliki karakter. Diajarkan bagaimana untuk tetap bertahan dan terus berusaha untuk menaklukkan banyaknya tantangan dan rintangan yang sedang dihadapi. Tidak menjadi pengecut yang lari dari sebuah tanggungjawab. Itu juga yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain, dimana manusia memiliki keistimewaan untuk dapat berkomitmen dan ingatlah bahwa manusia harus belajar dari kesalahan dan tidak terjatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. Oleh sebab itu, saya ingin menyatakan komitmen saya terhadap fakultas saya, fakultas Psikologi USU.




 Saya berkomitmen untuk ikut serta dalam kegiatan wajib maupun nonwajib yang diadakan oleh kampus kecuali ada alasan yang benar-benar tidak dapat dihindari. Saya tidak akan mengecewakan nama Fakultas karena saya yakin bahwa apa yang diadakan oleh kampus pasti membantu saya dalam perkembangan akademik juga sosial.. serta berusaha sebaik mungkin untuk menjadi seorang mahasiswi yang diharapkan dalam Latihan Kepemimpinan yaitu menjadi seorang yang mandiri, bertanggungjawab dan berkarakter. Saya bersedia menerima sanksi yang diberikan oleh Fakultas apabila saya melanggar dan tidak menaati komitmen ini.



 Manusia yang bisa menjaga dan mempertahankan komitmennya adalah manusia yang bertanggungjawab dan menjadi manusia yang ‘terpakai’ dimasyarakat. Sekian ..
Terimakasih banyak J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar